Panduan Belajar Basic English

Program Basic English ini saya susun berdasarkan pengalaman pribadi saya

  • Saya belajar Bahasa Inggris di SMP (3 tahun) dan SMU (3 tahun).
  • Kalau saya ingat 80-90% materi yang dipelajari berkisar tentang grammar / tata bahasa
  • Nilai Bahasa Inggris saya di sekolah bisa dibilang bagus. Saya tidak pernah mendapat nilai di bawah 8 selama 6 tahun belajar Bahasa Inggris di sekolah.
  • Ketika tiba di Nanyang Technological University Singapore, saya kewalahan dalam berkomunikasi dengan orang Singapore.
  • Saya kesulitan menangkap yang dibicarakan orang Singapore karena selama 6 tahun belajar di sekolah tidak terbiasa mendengarkan percakapan bahasa Inggris yang sebenarnya
  • Saya kesulitan merespon percakapan dengan orang Singapore karena otak saya terlalu sibuk menyusun jawaban dalam bahasa Indonesia + menerjemahkan jawaban dalam Bahasa Inggris + menerapkan rumus grammar untuk jawaban itu
  • Bahasa Inggris saya meningkat ketika saya mulai rajin memperhatikan orang-orang Singapore berkomunikasi setiap hari
  • Dalam proses mengamati itu, saya melatih pendengaran untuk menangkap apa yang mereka bicarakan
  • Dalam proses mengamati itu, saya jadi tahu kalimat-kalimat atau kata-kata apa yang digunakan orang-orang Singapore dalam konteks / situasi tertentu

 

Program Basic English ini program maraton, bukan lari 100 meter.

Kamu tidak akan lancar dan fasih berbahasa Inggris dalam 1 – 3 bulan.

Butuh waktu bertahun-tahun bagi saya untuk bisa mencapai level bahasa Inggris yang lumayan memadai untuk keperluan kerja/karir dan sosial.

Kamu bebas untuk ikut Program Basic English ini seberapa lama yang kamu inginkan, tapi pendapat pribadi saya, peningkatan kemampuan Bahasa Inggrismu baru akan terasa setelah kamu konsisten mengikuti program selama 4 – 12 bulan.

 

Program Basic English ini memberimu akses selama 30 hari (1 bulan).

1 bulan pertama adalah ujian pemisah.

Ujian untuk memisahkan antara yang sekedar berminat belajar Bahasa Inggris dengan yang serius berambisi menguasai Bahasa Inggris.

 

1 bulan pertama adalah ujian pembentuk kebiasaan.

Ujian untuk membentuk kebiasaan belajar setiap hari secara konsisten.

Saya tidak begitu khawatir jika kamu tidak menguasai banyak materi di bulan pertama.

Tapi kalau kamu bisa secara konsisten membentuk kebiasaan belajar bahasa Inggrismu setiap hari, itu modal belajar yang bagus.

Karena yang tekun bisa bersaing atau mengalahkan yang berbakat tapi tidak konsisten.

 

Lihat dulu video ini

Nanti ada 1 video lagi yang saya ingin kamu lihat

Program Basic English ini BUKAN kursus.

Dalam kursus kamu masuk kelas 2-3 kali seminggu.

Dalam Program Basic English saya ingin kamu belajar SETIAP HARI karena salah satu kunci peningkatan kemampuan Bahasa Inggris saya adalah: saya mengamati orang Singapore berkomunikasi SETIAP HARI.

Setiap hari saya upload materi supaya kamu terbiasa untuk mengamati setiap hari.

Kalau kamu perhatikan, dari 9 kategori konten:

  •  5 kategori adalah konten Video YouTube dengan berbagai topik ( Pengetahuan Umum >> Motivasi / Inspirasi >> Psikologi Populer >> Movie Trailer >> Movie Clips
  •  1 kategori Conversation 
  • 3 kategori grammar

Menguasai grammar itu penting dan perlu, tapi berdasarkan pengalaman yang lebih penting dalam berkomunikasi adalah ketika orang berbicara denganmu, kamu punya ‘segudang persenjataan’ respon yang cocok/benar/baik yang bisa kamu gunakan dalam situasi percakapanmu.

Segudang persenjataan respon yang bisa saya gunakan sewaktu-waktu dalam berkomunikasi itu saya dapatkan dari MENGAMATI dan MENIRU komunikasi orang-orang Singapore. 

Program Basic English saya susun supaya kamu terbiasa MENGAMATI sebanyak mungkin komunikasi dalam berbagai konteks yang saya ambilkan dari video YouTube yang saya terjemahkan untuk mempercepat pemahamanmu. Jaman dulu saya hanya dengar apa yang orang katakan, saya ingat-ingat/saya catat, ketika pulang ke asrama, saya cari artinya di kamus dan baru paham. Dengan program ini, kamu bisa langsung paham apa yang kamu lihat dan dengar.,    

Sekarang lihat video ke-2 ini

LISTENING

Tugas pertamamu dalam berkomunikasi adalah bisa mendengarkan kata dan kalimat yang diucapkan lawan bicaramu.

 

Saya sarankan untuk melihat satu video sedikitnya TIGA KALI sebagai berikut:

  1. Lihat video dan dengarkan audio TANPA menyalakan subtitle Bahasa Inggris dan TANPA melihat terjemahan Bahasa Indonesia. Ini ditujukan untuk melatih kepekaan telingamu untuk menangkap kata-kata dalam Bahasa Inggris. Telingamu akan dipaksa untuk mendengarkan karena tidak ada subtitle atau pun terjemahan. Jika kamu tidak melatih kepekaan telingamu, kamu akan kesulitan ketika berkomunikasi dengan penutur Bahasa Inggris.
  2. Lihat lagi video dan dengarkan audio DENGAN menyalakan subtitle / MEMBACA transkrip Bahasa Inggris, tapi TANPA melihat terjemahan Bahasa Indonesia. Ini ditujukan untuk membiasakan telingamu untuk mendengarkan pengucapan kata-kata Bahasa Inggris dan penulisan kata-kata tersebut.
  3. Lihat lagi video dan dengarkan audio DENGAN MEMBACA transkrip Bahasa Inggris dan DENGAN MEMBACA terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Ini akan membuatmu paham akan arti kata atau kalimat yang diucapkan.

3 langkah ini adalah bagian dari IMMERSION atau PEMBENAMAN DIRI, di mana kamu membenamkan diri ke sesuatu yang akan kamu pelajari / pahami.

Ada pepatah tua dalam Bahasa Inggris yang berbunyi: “Repetition is the mother of learning”. Pengulangan adalah ibu dari pembelajaran. 

Semakin banyak kamu mengulangi, semakin peka kemampuanmu dalam mendengarkan dan menangkap kata-kata Bahasa Inggris yang diucapkan.

SPEAKING / PRONOUNCIATION / CONVERSATION

Karena kamu tidak tinggal di luar negeri dan kesempatan untuk mempraktekkan bahasa Inggrismu mungkin minim, mulai dengan yang paling sederhana: berbicara pada diri sendiri. Itu yang dulu saya lakukan, saya latihan, saya ulang-ulang supaya lancar / alami ketika sudah harus digunakan dalam percakapan.

Melatih speaking / pronunciation / conversation ini sebenarnya bisa digabung dengan metode Listening di atas dengan modifikasi sebagai berikut 

  1. Lihat video dan dengarkan audio TANPA menyalakan subtitle Bahasa Inggris dan TANPA melihat terjemahan Bahasa Indonesia. .
  2. Lihat lagi video dan dengarkan audio DENGAN menyalakan subtitle / MEMBACA transkrip Bahasa Inggris, tapi TANPA melihat terjemahan Bahasa Indonesia. 
  3. Lihat lagi video dan dengarkan audio DENGAN MEMBACA transkrip Bahasa Inggris dan DENGAN MEMBACA terjemahan dalam Bahasa Indonesia. 
  4. Putar ulang video, stop setelah 1 kalimat, ucapkan kalimat itu. Putar kalimat berikutnya, ucapkan kalimat berikutnya.
Langkah 4 ini dinamakan dengan SHADOWING atau MEMBAYANGI. Kamu menirukan persis yang baru saja kamu lihat.

Dari 5 kategori video, yang kalimatnya relatif pendek-pendek bisa ditemukan di 

Movie Trailer itu video 2 setengah menit yang meringkas film 2 jam lebih, jadi sang editor akan sangat selektif dalam memilih kalimat yang digunakan yang biasanya populer / catchy / menarik pemirsa trailer tersebut.

Movie Clips adalah potongan dari film jadi ada sedikit kontinuitas dalam videonya. Ini adalah wahana melatih conversation yang bagus karena kamu akan melihat alur percakapan yang cenderung agak utuh.
2 kategori ini bisa dijadikan awal untuk melatih speaking / pronounciation / conversation.

3 kategori video  lainnya

cenderung lebih lama durasi videonya dan berisi narasi atau presentasi, bisa jadi akan terlalu berat untuk jadi bahan memulai latihan speaking / pronounciation / conversation.

Pastikan kamu sudah bisa dan terbiasa dengan mencoba movie trailer dan movie clips yang relatif lebih mudah untuk SHADOWING.

Tapi kalau kamu tertantang untuk SHADOWING konten Pengetahuan Umum, Motivasi dan Psikologi, jangan biarkan saya menghalangimu.

GRAMMAR

Saya tidak menempatkan grammar di paling atas karena saya urutkan berdasarkan bagaimana kamu menguasai Bahasa Indonesia.

Kamu DENGAR dulu dari sekelilingmu. 

Kamu TIRUKAN dan UCAPKAN yang diajarkan orang tuamu dan sekelilingmu.

Kamu masuk sekolah dan mulai BELAJAR ATURANNYA.

Saya tetap menganggap grammar penting dan tidak mengecilkan kontribusi grammar di karir akademik dan profesional saya selama 12 tahun di luar negeri. Saya hanya ingin meletakkan perspektif belajar bahasa Inggris sedikit berbeda dari yang selama ini ditakut-takutkan / didengungkan. 

  • GRAMMAR MODUL berisi bahasan topik demi topik grammar
  • GRAMMAR QUIZ berisi kuis untuk mengetes kemampuan grammarmu, disertai jawaban dan analisa.

HOW TO STUDY?

Banyak yang mungkin akan tergiur di awal untuk mendevosikan  1 jam – 2 jam per hari untuk belajar bahasa Inggris.

Saran saya: JANGAN.

1. Mulailah dengan membuat rencana

2. Tentukan jam dan lokasi kamu akan belajar. Ini penting karena akan mempengaruhi mood dan fokusmu.

3. Jika jam dan lokasinya bisa sama dalam 1 minggu itu akan membentuk sebuah habit baru. Usahakan di waktu yang minim gangguan bagimu. Jika tidak bisa sama karena faktor kesibukanmu, petakan jadwal belajarmu.

4. Kalau 30-day Plan terlihat menakutkan, pecah menjadi 10 x 3-Day Plan. Pada dasarnya sama, tapi kamu akan hanya fokus pada 3 hari ke depan supaya berhasil / tidak bolong belajar. Fokus 3 hari pertama, setelah hari ketiga, fokus ke 3 hari kedua, lanjutkan sampai sudah menjadi kebiasaan.

5. Tidak perlu khawatir dengan memulai hanya dengan belajar 1 video di hari pertama. Kalau kamu sudah menemukan ritme belajar yang menurutmu bisa pertahankan, kamu bisa menambah jumlah video / konten yang kamu pelajari.

 

TEMUKAN RITMEMU

Yang saya sampaikan tadi hanya saran bagi yang mungkin bingung bagaimana untuk mulai.

Kalau kamu sudah menemukan cara / metode belajar yang cocok untukmu, ikuti saja yang cocok untukmu.

KONSULTASI

Jika ada materi dari video atau konten Conversation dan Grammar yang ingin ditanyakan lebih lanjut, kamu bisa bertanya pada saya melalui formulir yang bisa diakses member aktif lewat link ini:

https://www.englishfest.co.id/konsultasi/

Saya akan me-review pertanyaanmu dan membalas via email.