Important Phrases for Telephone Conversation

Menggunakan telepon dalam bahasa Inggris meliputi mempelajari beberapa frasa khusus termasuk bagaimana menjawab telepon, cara menanyakan untuk disambungkan dengan orang lain, bagaimana menghubungkan dengan orang lain, bagaimana mencatat pesan. 

 

Introducing Yourself

Ini adalah beberapa cara untuk memperkenalkan diri secara informal / tidak resmi melalui telepon.

 

  • This is Ken./ Ini dengan Ken.
  • Hello, Ken speaking. / Halo, ini dengan Ken.

 

Kalau kamu ingin menjawab dengan lebih formal / resmi, gunakan nama lengkapmu.

 

  • This is Jennifer Smith speaking./ Ini dengan Jennifer Smith.
  • Hello, Jennifer Smith speaking. / Halo, ini dengan Jennifer Smith.

 

Kalau kamu menjawab untuk perusahaanmu, cukup sebutkan nama perusahaan. Dalam konteks ini, lazim untuk bertanya bagaimana kamu bisa membantu penelpon.

 

  • Good morning, Thomson Company. How may I help you? / Selamat pagi, ini dengan Perusahaan Thomson. Ada yang bisa saya bantu?
  • Plumbers Insurance. How can I be of service today? / Asuransi Tukang Pipa. Bagaimana saya bisa membantu anda hari ini?

 

Asking Who Is on the Telephone / Bertanya Siapa yang Menelpon

Terkadang, kamu perlu tahu siapa yang menelpon. Tanyakan dengan sopan sebagai berikut:

 

  • Excuse me, who is this? / Maaf, ini dengan siapa ya?
  • May (Can) I ask who is calling, please? / Maaf, dengan siapa saya berbicara?

 

Asking for Someone / Menanyakan Seseorang

Di lain waktu, kamu perlu untuk berbicara dengan orang lain. Ini biasa terjadi ketika kamu menelpon perusahaan.

 

  • Can I have extension 321? (extensions are internal numbers at a company) / Bisakah saya dihubungkan dengan ekstensi 321?
  • Could I speak to…? (Can I – more informal / May I – more formal) / Bisakah saya berbicara dengan…? 
  • Is Jack in? (informal idiom meaning: Is Jack in the office? / Apakah Jack ada di kantor?

 

Connecting Someone / Menghubungkan Seseorang

Kalau kamu menjawab telepon, terkadang kamu perlu menghubungkan penelpon dengan seseorang di kantormu.

 

  • I’ll put you through (put through – phrasal verb meaning ‘connect’) / Akan saya sambungkan ke dia.
  • Can you hold the line? Can you hold on a moment? / Apakah anda bisa menunggu sebentar?

 

When Someone Is Not Available / Ketika Seseorang Tidak Ada

Frasa-frasa ini bisa digunakan untuk mengekspresikan bahwa seseorang tidak bisa menjawab telpon.

 

  • I’m afraid … is not available at the moment / Sayangnya … tidak ada / tidak bisa menerima telpon saat ini.
  • The line is busy… (when the extension requested is being used) / Sambungannya sedang sibuk…
  • Mr. Jackson isn’t in… Mr. Jackson is out at the moment…/ Pak Jackson sedang tidak ada di kantor saat ini.

 

Taking a Message / Menerima Pesan

Kalau seseorang tidak ada, kamu mungkin bisa mencatat pesan penelpon.

 

  • Could (Can, May) I take a message? / Ada pesan yang ingin disampaikan?
  • Could (Can, May) I tell him who is calling? / Apa bisa saya beritahu dia siapa yang menghubungi?
  • Would you like to leave a message? / Apakah ada pesan yang ingin disampaikan?